Senin, 20 Februari 2012

katup / valve


KATUP
Katup atau bahasa Inggrisnya Valve atau bahasa bengkelnya Klep ini adalah komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Klep berada pada kepala silinder pada setiap kendaraan yang berbentuk seperti payung. Klep terbagi menjadi 2 kerja, pertama adalah klep masuk dan yang kedua adalah klep buang. Klep masuk fungsinya adalah untuk memasukan campuran udara dan bensin yang sudah berbentuk kabut kedalam silinder mesin. Sedangkan klep buang adalah klep yang berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran setelah piston melakukan kompresi.
Pada mesin berkonstruksi klep samping, katup-katup ini digerakkan oleh penekan katup digerakkan oleh bos. Sedangkan pada mesin yang menerapkan sistem katup diatas (SOHC/DOHC), penekan katup dan batang penekan katup. Setelah diangkat sehingga terlepasdari tempat dudukannya, katup-katup ini dikembalikan pada posisi semula oleh sebuah pegas. Pada saat membuka, katup-katup itu akan terangkat dari dudukannya antara 5/16-3/8 inchi. Selain itu kerja katup bisa dikatakan berat. Seperti, jika mesin berputar 7500 rpm, katup membuka dan menutup lebih dari 60kali/detik. Jika mesin digenjot hingga 10000 rpm , katup dipaksa membuka dan menutup hingga lebih dari 80 kali/detik. Suhu katup bisa mencapai 700 derajat Celcius
1.      Plug valve
Plug katup yang katup dengan silinder atau conically-tapered "plugs" yang dapat diputar di dalam tubuh katup untuk mengendalikan aliran melalui katup. Plug di katup plug memiliki satu atau lebih lorong-lorong akan berlubang samping melalui steker, sehingga cairan dapat mengalir melalui plug ketika katup terbuka. katup Plug sederhana dan sering ekonomis.
Sedikit conically-tapered logam (sering kuningan ) katup plug sering digunakan sebagai sederhana menutup-off katup dalam rumah tangga gas alam baris.
   



2.      Globe valve

Sebuah katup globe  adalah jenis katup yang digunakan untuk mengatur aliran dalam pipa , yang terdiri dari unsur disk tipe bergerak dan kursi cincin diam dalam umumnya bulat tubuh.
katup Globe diberi nama untuk bentuk tubuh bulat mereka dengan dua bagian tubuh yang dipisahkan oleh internal baffle. Pada katup dunia, pasang dihubungkan ke batang yang dioperasikan dengan tindakan sekrup di katup manual. Biasanya, katup otomatis menggunakan batang geser Katup globa otomatis memiliki batang halus daripada benang dan dibuka dan ditutup oleh aktuator perakitan. Ketika katup dunia ini dioperasikan secara manual, batang dihidupkan oleh handwheel .
Meskipun dunia katup di masa lalu memiliki tubuh berbentuk bola yang memberi mereka nama mereka, banyak katup dunia modern tidak memiliki banyak bentuk bulat. Namun, istilah katup dunia masih sering digunakan untuk katup yang punya mekanisme internal. Dalam pipa , katup mekanisme tersebut juga sering disebut katup berhenti karena mereka tidak memiliki penampilan global, tetapi katup stop panjang mungkin merujuk kepada katup yang digunakan untuk menghentikan aliran bahkan ketika mereka memiliki mekanisme lain atau desain.
 Gambar 2 katup globe

3.      Katup gate
Sebuah katup gerbang/gate, juga dikenal sebagai katup pintu air, adalah katup yang membuka dengan mengangkat putaran atau gerbang empat persegi panjang / pasak keluar dari jalur cairan . Fitur yang berbeda dari katup gerbang adalah permukaan penyegel antara pintu gerbang dan kursi planar, sehingga katup gerbang yang sering digunakan ketika aliran garis lurus dari restriksi cairan dan minimum yang diinginkan. Katup gerbang khas tidak boleh digunakan untuk mengatur aliran, kecuali mereka secara khusus dirancang untuk tujuan itu. Pada pembukaan katup gerbang, jalur aliran diperbesar dengan cara yang sangat nonlinear yang berkaitan dengan persen dari pembukaan. Ini berarti bahwa laju alir tidak berubah secara merata dengan perjalanan batang. Juga, disk gerbang sebagian terbuka cenderung bergetar dari aliran fluida. Sebagian besar aliran terjadi perubahan penutup dekat dengan kecepatan fluida yang relatif tinggi menyebabkan memakai disk dan kursi dan kebocoran akhirnya jika digunakan untuk mengatur aliran. katup gerbang khas dirancang untuk sepenuhnya dibuka atau ditutup.  Ketika sepenuhnya terbuka, katup gerbang khas tidak memiliki halangan di jalur aliran, sehingga sangat rendah gesekan rugi.

4.      Check Valve
Check valve adalah alat mekanis , sebuah katup yang biasanya memungkinkan fluida ( cair atau gas ) mengalir melalui itu hanya satu arah.
Check katup mereka memiliki dua bukaan dalam tubuh, satu untuk cairan untuk masuk dan yang lainnya untuk cairan untuk pergi. Ada berbagai jenis katup cek yang digunakan dalam berbagai aplikasi. Katup check sering ada di  barang-barang rumah tangga biasa. Meskipun mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan biaya, katup check umumnya sangat kecil, sederhana, dan  atau murah. Katup check bekerja secara otomatis dan kebanyakan tidak dikontrol oleh orang atau kontrol eksternal, katup cek sebagian besar terbuat dari plastik atau logam.

5.      Butterfly valve

Sebuah katup kupu-kupu adalah katup yang dapat digunakan untuk mengisolasi atau mengatur aliran . Katup ini irip dengan katup Ball,karena yang memungkinkan cepat dimatikan. katup Butterfly umumnya disukai karena biayanya murah dan juga ringan.

Sebuah katup kupu-kupu juga merupakan jenis perangkat kontrol aliran, digunakan untuk membuat awal cairan atau berhenti mengalir melalui bagian pipa. katup ini mirip dalam operasi ke katup bola. Bentuk penyekatnya adalah piringan yang mempunyai sumbu putar di tengahnya. Menurut disainnya, dapat dibagi menjadi concentric dan eccentric. Eccentric memiliki disain yang lebih sulit tetapi memiliki fungsi yang lebih baik dari concentric. Bentuknya yang sederhana membuat lebih ringan dibandingkan valve lainnya.
               

6.      Katup diafragma

Katup Diafragma (atau katup membran) terdiri dari katup tubuh dengan dua atau lebih port, diafragma, dan "pelana" atau tempat duduk di atas mana diafragma menutup katup. katup ini dibangun baik dari plastik atau baja .
Awalnya, katup diafragma dikembangkan untuk digunakan dalam non- higienis aplikasi. Kemudian pada desain diadaptasi untuk digunakan dalam industri bio-farmasi dengan menggunakan sesuai bahan yang dapat menahan sanitasi dan sterilisasi metode.

7.      Bola katup

Katup bola adalah katup dua arah. Ball valve ini memiliki lorong tunggal, lurus bosan melalui bola, membuat dua bukaan: satu di setiap sisi, sebuah inlet dan outlet. Sebuah katup bola juga bisa menjadi katup tiga arah jika lubang ketiga bosan sebagian melalui bola, hingga memenuhi lubang utama, membentuk T. Sebuah bola katup tiga arah dapat mematikan satu atau semua dari tiga lorong-lorong itu menghubungkan.
  

8.      Solenoid valve

Sebuah solenoida adalah perangkat elektromekanis yang memungkinkan untuk perangkat listrik untuk mengontrol aliran gas atau cairan. Perangkat listrik menyebabkan arus mengalir melalui kumparan terletak di solenoid valve . Aliran arus ini pada gilirannya menghasilkan suatu medan magnet yang menyebabkan perpindahan dari suatu logam aktuator. katup Solenoid datang dalam berbagai konfigurasi dan ukuran. Katup Solenoid bisa normal terbuka, biasanya tertutup, atau katup dua arah. Sebuah solenoid valve biasanya terbuka memungkinkan cairan atau gas mengalir melalui kecuali suatu saat ini diterapkan pada katup solenoid Sebuah katup biasanya tertutup bekerja dengan cara yang berlawanan. Sebuah solenoid valve dua arah memiliki tiga pelabuhan; satu port yang umum, salah satu biasanya terbuka dan yang ketiga biasanya tertutup.

9.      Needle valve

Sebuah katup jarum memiliki lubang yang relatif kecil dengan kursi panjang, runcing, dan penyelam berbentuk jarum di ujung sekrup yang justru cocok kursi ini. Keutamaan dari katup jarum adalah dari sorong pengaruh rasio antara jarum panjang dan diameter, atau perbedaan diameter antara jarum dan kursi. Sebuah perjalanan panjang aksial (input kontrol) untuk membuat perubahan yang sangat kecil dan tepat radial (mempengaruhi aliran resultan).
10.  Hydrolic valve
Sebuah katup hidrolik mengarahkan aliran medium cair yang biasanya minyak dari port input ke port output-nya. Arah aliran minyak ditentukan oleh posisi dari spool, yang digerakkan oleh motor gaya linear. Hydrolic valve disebut juga dengan katup piston berfungsi menghisap dan menekan minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar