KATUP
Katup
atau
bahasa Inggrisnya Valve atau bahasa bengkelnya Klep ini adalah komponen
terpenting dalam sebuah kendaraan. Klep berada pada kepala silinder pada setiap
kendaraan yang berbentuk seperti payung. Klep terbagi menjadi 2 kerja, pertama
adalah klep masuk dan yang kedua adalah klep buang. Klep masuk fungsinya adalah
untuk memasukan campuran udara dan bensin yang sudah berbentuk kabut kedalam
silinder mesin. Sedangkan klep buang adalah klep yang berfungsi untuk membuang
gas hasil pembakaran setelah piston melakukan kompresi.
Pada mesin
berkonstruksi klep samping, katup-katup ini digerakkan oleh penekan katup
digerakkan oleh bos. Sedangkan pada mesin yang menerapkan sistem katup diatas
(SOHC/DOHC), penekan katup dan batang penekan katup. Setelah diangkat sehingga
terlepasdari tempat dudukannya, katup-katup ini dikembalikan pada posisi semula
oleh sebuah pegas. Pada saat membuka, katup-katup itu akan terangkat dari
dudukannya antara 5/16-3/8 inchi. Selain itu kerja katup bisa dikatakan berat.
Seperti, jika mesin berputar 7500 rpm, katup membuka dan menutup lebih dari
60kali/detik. Jika mesin digenjot hingga 10000 rpm , katup dipaksa membuka dan
menutup hingga lebih dari 80 kali/detik. Suhu katup bisa mencapai 700 derajat
Celcius
1.
Plug valve
Plug katup yang katup dengan silinder
atau conically-tapered "plugs" yang dapat diputar di dalam tubuh
katup untuk mengendalikan aliran melalui katup. Plug di katup plug memiliki
satu atau lebih lorong-lorong akan berlubang samping melalui steker, sehingga
cairan dapat mengalir melalui plug ketika katup terbuka. katup Plug sederhana
dan sering ekonomis.
Sedikit
conically-tapered logam (sering kuningan ) katup plug
sering digunakan sebagai sederhana menutup-off katup dalam rumah tangga gas alam baris.
2. Globe valve
Sebuah katup
globe adalah jenis katup yang digunakan untuk
mengatur aliran dalam pipa , yang terdiri dari
unsur disk tipe bergerak dan kursi cincin diam dalam umumnya bulat tubuh.
katup Globe
diberi nama untuk bentuk tubuh bulat mereka dengan dua bagian tubuh yang
dipisahkan oleh internal baffle. Pada katup dunia, pasang dihubungkan ke
batang yang dioperasikan dengan tindakan sekrup di katup manual.
Biasanya, katup otomatis menggunakan batang geser Katup globa otomatis memiliki
batang halus daripada benang dan dibuka dan ditutup oleh aktuator perakitan. Ketika katup dunia ini dioperasikan secara
manual, batang dihidupkan oleh handwheel .
Meskipun
dunia katup di masa lalu memiliki tubuh berbentuk bola yang memberi mereka nama
mereka, banyak katup dunia modern tidak memiliki banyak bentuk bulat. Namun,
istilah katup dunia masih sering digunakan untuk katup yang punya
mekanisme internal. Dalam pipa , katup mekanisme tersebut juga sering
disebut katup berhenti karena
mereka tidak memiliki penampilan global, tetapi katup stop panjang
mungkin merujuk kepada katup yang digunakan untuk menghentikan aliran bahkan
ketika mereka memiliki mekanisme lain atau desain.
Gambar 2 katup globe
3.
Katup
gate
Sebuah katup gerbang/gate, juga dikenal
sebagai katup pintu air, adalah katup yang membuka dengan
mengangkat putaran atau gerbang empat persegi panjang / pasak keluar dari jalur
cairan . Fitur yang berbeda
dari katup gerbang adalah permukaan penyegel antara pintu gerbang dan kursi
planar, sehingga katup gerbang yang sering digunakan ketika aliran garis lurus
dari restriksi cairan dan minimum yang diinginkan. Katup gerbang khas tidak boleh
digunakan untuk mengatur aliran, kecuali mereka secara khusus dirancang untuk
tujuan itu. Pada pembukaan katup gerbang, jalur aliran diperbesar dengan cara
yang sangat nonlinear yang berkaitan dengan persen dari pembukaan. Ini berarti
bahwa laju alir tidak berubah secara merata dengan perjalanan batang. Juga,
disk gerbang sebagian terbuka cenderung bergetar dari aliran fluida. Sebagian
besar aliran terjadi perubahan penutup dekat dengan kecepatan fluida yang
relatif tinggi menyebabkan memakai disk dan kursi dan kebocoran akhirnya jika
digunakan untuk mengatur aliran. katup gerbang khas dirancang untuk sepenuhnya
dibuka atau ditutup. Ketika sepenuhnya
terbuka, katup gerbang khas tidak memiliki halangan di jalur aliran, sehingga
sangat rendah gesekan rugi.
4.
Check
Valve
Check valve
adalah alat mekanis , sebuah katup yang biasanya memungkinkan fluida ( cair atau gas ) mengalir melalui itu hanya satu arah.
Check katup
mereka memiliki dua bukaan dalam tubuh, satu untuk cairan untuk masuk dan yang
lainnya untuk cairan untuk pergi. Ada berbagai jenis katup cek yang
digunakan dalam berbagai aplikasi. Katup check sering ada di barang-barang rumah tangga biasa. Meskipun
mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan biaya, katup check umumnya sangat
kecil, sederhana, dan atau murah. Katup
check bekerja secara otomatis dan kebanyakan tidak dikontrol oleh orang atau
kontrol eksternal, katup cek sebagian besar terbuat dari plastik atau logam.
5. Butterfly valve
Sebuah katup
kupu-kupu adalah katup yang dapat digunakan untuk mengisolasi atau mengatur aliran . Katup ini irip dengan katup
Ball,karena yang memungkinkan cepat dimatikan. katup Butterfly umumnya disukai karena biayanya
murah dan juga ringan.
Sebuah katup
kupu-kupu juga merupakan jenis perangkat kontrol aliran, digunakan untuk
membuat awal cairan atau berhenti mengalir melalui bagian pipa. katup ini mirip
dalam operasi ke katup bola. Bentuk penyekatnya adalah piringan yang mempunyai
sumbu putar di tengahnya. Menurut disainnya, dapat dibagi menjadi concentric
dan eccentric. Eccentric memiliki disain yang lebih sulit tetapi
memiliki fungsi yang lebih baik dari concentric. Bentuknya yang sederhana
membuat lebih ringan dibandingkan valve lainnya.
6. Katup diafragma
Katup Diafragma (atau
katup membran) terdiri dari katup tubuh dengan dua atau lebih port, diafragma, dan
"pelana" atau tempat duduk di atas mana diafragma menutup katup.
katup ini dibangun baik dari plastik atau baja .
Awalnya,
katup diafragma dikembangkan untuk digunakan dalam non- higienis aplikasi. Kemudian pada desain diadaptasi untuk
digunakan dalam industri bio-farmasi dengan menggunakan sesuai bahan yang dapat menahan sanitasi dan sterilisasi metode.
7. Bola katup
Katup bola
adalah katup dua arah. Ball valve ini memiliki lorong tunggal, lurus bosan
melalui bola, membuat dua bukaan: satu di setiap sisi, sebuah inlet dan outlet.
Sebuah katup bola juga bisa menjadi katup tiga arah jika lubang ketiga bosan
sebagian melalui bola, hingga memenuhi lubang utama, membentuk T. Sebuah bola
katup tiga arah dapat mematikan satu atau semua dari tiga lorong-lorong itu
menghubungkan.
8. Solenoid valve
Sebuah solenoida
adalah perangkat elektromekanis yang memungkinkan untuk perangkat listrik untuk
mengontrol aliran gas atau cairan. Perangkat listrik menyebabkan arus mengalir
melalui kumparan terletak di solenoid valve
. Aliran arus ini pada gilirannya menghasilkan suatu medan magnet
yang menyebabkan perpindahan dari suatu logam aktuator.
katup Solenoid datang dalam berbagai konfigurasi dan ukuran. Katup Solenoid
bisa normal terbuka, biasanya tertutup, atau katup dua arah. Sebuah solenoid
valve biasanya terbuka memungkinkan cairan atau gas mengalir melalui kecuali
suatu saat ini diterapkan pada katup solenoid Sebuah katup biasanya tertutup
bekerja dengan cara yang berlawanan. Sebuah solenoid valve dua arah memiliki
tiga pelabuhan; satu port yang umum, salah satu biasanya terbuka dan yang
ketiga biasanya tertutup.
9. Needle valve
Sebuah katup
jarum memiliki lubang yang relatif kecil dengan kursi panjang, runcing, dan
penyelam berbentuk jarum di ujung sekrup yang justru cocok kursi ini. Keutamaan
dari katup jarum adalah dari sorong pengaruh rasio antara jarum panjang dan diameter, atau
perbedaan diameter antara jarum dan kursi. Sebuah perjalanan panjang aksial
(input kontrol) untuk membuat perubahan yang sangat kecil dan tepat radial
(mempengaruhi aliran resultan).
10. Hydrolic valve
Sebuah katup hidrolik
mengarahkan aliran medium cair yang biasanya minyak dari port input ke port
output-nya. Arah aliran minyak ditentukan oleh posisi dari spool, yang
digerakkan oleh motor gaya linear. Hydrolic valve disebut juga
dengan katup piston berfungsi menghisap dan menekan minyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar